Selamat Jalan, Sara. Selamat Jalan, Kemanusiaan

IMG_0223Pembunuhan remaja ini cuma memperlihatkan apa yang sebenarnya sudah ada di dalam masyarakat kita, sebuah arus sociopathy dan hilangnya empati yang dulunya pengecualian, sekarang justru terarusutamakan.

Hilangnya kerekatan sosial memang menimbulkan ruang yang sangat luas untuk sociopathy. Kita sudah tidak lagi bisa membedakan yang salah dari benar, dan yang buruk dari baik. Kita tidak lagi peduli apakah tindakan kita mengganggu masyarakat, keluarga, atau orang lain. Tindakan kita makin cuma didasari pada dorongan primordial, asal kita suka dan senang saja.

Kita dijejali oleh pembodohan melalui media apapun, baik tradisional, modern, atau ultra-modern sekalipun. Agama tidak lagi kredibel atau menarik sebagai pegangan moral. Sementara pendidikan moral terlalu menggurui dan, dengan demikian, membosankan.

Indonesia sebetulnya bisa jauh lebih baik dari ini. Masyarakat kita bisa memelihara dan memperbaiki dirinya sendiri. Gotong royong masih guyub. Gerakan masal untuk mengingatkan kita semua atas kebaikan mungkin bisa membantu.

Bela sungkawa untuk Sara dan keluarganya. Belansungkawa untuk kemanusiaan yang juga ikut mati bersamanya.

View on Path


About this entry